Benarkah Arwah Akan Pulang Setiap Malam Jumat?, Ini Penjelasan Buya Yahya

Sebagian umat muslim di Indonesia ada yang mengadakan tahlilan untuk memperingati orang meninggal mulai dari hari pertama, ke tujuh hingga tahlilan hari ke-40. Hal ini lantaran adanya kepercayaan bahwa orang yang meninggal masih ada di rumah selama 40 hari. Benarkah orang meninggal setelah 40 hari kembali ke rumah?

Benarkah Arwah Akan Pulang Setiap Malam Jumat?, Ini Penjelasan Buya Yahya

Buya Yahya, pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah mengatakan tidak ada arwah gentayangan. Apalagi anggapan tentang roh orang yang sudah meninggal masih ada di rumah hingga 40 hari.

Hal ini seperti yang dilansir dari tayangan video yang diunggah di kanal YouTube Al-Bahjah TV pada 20 Oktober 2018 silam. Tak hanya itu, Buya Yahya juga menjawab pertanyaan, benarkah orang meninggal setelah 40 hari kembali ke rumah?

"Orang yang meninggal dunia punya urusan dengan amalnya. Tidak ada roh pulang setiap malam Jumat nangis-nangis depan rumah itu tidak ada. Tidak ada roh gentayangan, itu kan di sinetron, hanya hayalan," ujar Buya Yahya.

Kyai Haji Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya mengatakan banyak cerita tentang arwah yang beredar di masyarakat. Bahkan, sebagian meyakini arwah seseorang yang meninggal dunia akan datang setiap malam Jumat untuk minta didoakan. Lantas, apakah itu benar? Bagaimana dengan pandangan agama? Berikut penjelasan Buya Yahya.

Pimpinan Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon tersebut menjelaskan bahwa arwah orang yang sudah meninggal datang ke rumah setiap malam Jumat tidak benar. "Kami sepintas pernah mendengar itu, ahli kubur malam Jumat ke rumah, minta doa, ahli kubur menangis. Itu namanya ilmu khayal," ujar Buya Yahya, seperti dikutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV.

Menurut Buya Yahya Ia menegaskan arwah orang yang sudah meninggal dunia tidak pulang ke rumah untuk minta didoakan. Kemudian setelah didoakan oleh pihak keluarga, arwah itu lalu menangis. "Yang ada kewajiban bagi kita seorang anak mendoakan orangtua," jelas Buya Yahya, "Orang yang sudah meninggal dunia itu punya urusan masing-masing. Punya urusan sediri."

Buya Yahya melanjutkan, anggapan arwah orang yang sudah meninggal dunia pulang ke rumah minta didoakan adalah anggapan yang salah. Hal tersebut juga bertentangan dengan ajaran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Ini Alasannya Lebih lanjut, kata dia, setiap jiwa yang meninggal dunia akan berususan dengan amalannya masing-masing selama orang itu hidup. Kemudian jalan yang akan ditujunya pun tergantung perbuatan semasa hidupnya di dunia yang dibawanya ke alam barzah. "Kalau dia orang baik akan mendapatkan kenikmatan di alam barzah. Kalau dia bukan orang baik akan berurusan dengan amalnya di alam barzah. Enggak perlu jalan-jalan di malam Jumat," pungkasnya.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Arwah Akan Pulang Setiap Malam Jumat?, Ini Penjelasan Buya Yahya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel