Inilah 3 Tips Cegah Hidup Galau dan Hina Ala Aa Gym

Kyai Haji Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym mengimbau umat Islam untuk tidak memenuhi hati dengan segala urusan duniawi. Pasalnya, hal itu dapat menyebabkan seseorang tenggelam dalam kehidupan galau dan hina. Aa Gym menggambarkan hal ini dengan perahu mainan anak-anak. Ibarat perahu, jika dia terus berada di atas air, maka jalannya pun akan lancar tanpa ada hambatan. Namun ketika perahu itu terisi dengan air, maka akan menjadi tenggelam.

Inilah 3 Tips Cegah Hidup Galau dan Hina Ala Aa Gym

Hal ini sama seperti hati dan dunia. "Kalau perahu diibaratkan hati, dan air adalah dunia. Maka, hidup kita akan bahagia kalau dunia ini tidak memenuhi hati kita. Tetapi kalau dunia sudah mulai masuk, harta, gelar, pangkat, jabatan, pujian, penghargaan, kekaguman orang, penampilan, dan popularitas. Makin banyak memenuhi hati kita, maka tenggelam lah kita dalam kegelisahan, kesengsaraan dan tenggelam dalam kehinaan," ujar Aa Gym, seperti dikutip dari kanal YouTube Aa Gym Daily Vlog.

Dari Ibnu Umar Radhiyallahu anhuma, ia berkata, "Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam memegang kedua pundakku, lalu bersabda: 'Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan sebagai orang asing atau seorang musafir dan persiapkan dirimu termasuk orang yang akan menjadi penghuni kubur (pasti akan mati)'." Ibnu Umar Radhiyallahu anhuma pernah mengatakan, "Jika engkau berada di sore hari, janganlah menunggu pagi hari. Dan jika engkau berada di pagi hari, janganlah menunggu sore hari. Pergunakanlah waktu sehatmu sebelum sakitmu dan hidupmu sebelum matimu." (HR Bukhari)

Aa Gym juga mengilustrasikan hal ini dengan juru parkir di gedung. Meski memiliki banyak mobil dan kerap berganti-ganti, mereka tidak sombong dan takabur. Bahkan ketika diambil hingga habis pun mereka tidak sakit hati. Hal ini karena juru parkir tahu bahwa semua itu hanya titipan. Sama seperti hidup di dunia ini, semua hanyalah titipan dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Lahir tidak membawa apa-apa dan mati pun tidak membawa apa-apa. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda,

"Apalah artinya dunia ini bagiku? Apa urusanku dengan dunia? Sesungguhnya perumpamaanku dan perumpamaan dunia ini ialah seperti pengendara yang berteduh di bawah pohon, ia istirahat (sesaat) kemudian meninggalkannya." (Musnan Imam Ahmad)

Oleh karena itu, janganlah memenuhi hati dengan segala urusan dunia. Ingatlah bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah titipan dan milik Allah Subhanahu wa ta'ala. Aa Gym mengatakan bahwa tugas umat muslim di dunia ini hanya ada tiga, yaitu:

1. Aktivitas di dunia menjadi ibadah

Sebagaimana Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Alquran Surah Adz-Dzariyat Ayat 56, "Wa ma khalaqtul jinna wal insa illa liya budun." Artinya, "Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku."

2. Menjadi kholifah

Buatlah karya yang bermanfaat, sebagaimana dalam hadis disebutkan, "Dan sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya." (HR Al-Qadlaa’iy dalam Musnad Asy-Syihaab Nomor 129, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath Nomor 5787)

3. Buat aktivitas menjadi dakwah

Buatlah segala aktivitas di dunia menjadi dakwah. Jadikan bukti indahnya Islam dan sampaikanlah indahnya Islam kepada orang-orang di dunia. Insya Allah dengan melakukan tiga hal ini, kaum Muslimin akan menikmati kehidupan dunia, akhlak mulia, dan menjadi amal salih untuk menuju surga. Semoga bermanfaat.

 

Belum ada Komentar untuk "Inilah 3 Tips Cegah Hidup Galau dan Hina Ala Aa Gym"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel