Inilah 4 Amalan Ringan Bisa Jadi Penerang dan Menjauhkan dari Siksa Kubur

Manusia merupakan salah satu makhluk sosial yang diciptakan oleh Allah . Manusia diberikan hati dan naluri sebagai pangkal perbedaan dari makhluk-makhluk yang lainnya. Pada dasarnya semua ciptaan Allah itu akan binasa. Misalnya, alam semesta ini. Dia akan mengalami kebinasaan pada waktu yang telah ditetapkan oleh Allah dan itu menjadi rahasia besar Ilahi. Sama halnya dengan kita.

Inilah 4 Amalan Ringan Bisa Jadi Penerang dan Menjauhkan dari Siksa Kubur

Kita sebagai makhluk yang diciptakan oleh Allah pada hakikatnya juga akan menemui masa perpisahan kita dengan alam dunia ini. Memang ini menjadi teka-teki dan misteri besar yang sampai peran teknologi di era revolusi industri 4.0 dan modernisasi abad ke 21 semakin pesat berkembang tidak mampu mengetahui kapan waktu kita untuk berpisah dengan alam dunia yang hanya sebentar saja ini.

Oleh karena itu, kita sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah yang paling tinggi derajatnya diwajibkan untuk selalu bersiap-siap untuk menyongsong hari berpisahnya dengan alam dunia ini. Karena semua manusia di bumi ini tidak ada yang tahu persis kapan dan dimana kita akan mengalami perpisahan dengan alam dunia ini.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surah An-Nahl Ayat 61 yang secara eksplisit menerangkan jika waktu kita harus menghadap Allah, maka kita tidak dapat menundanya lagi ataupun mendahulukannya.

وَلَوْ يُؤَاخِذُ اللّٰهُ النَّاسَ بِظُلْمِهِمْ مَّا تَرَكَ عَلَيْهَا مِنْ دَاۤبَّةٍ وَّلٰكِنْ يُّؤَخِّرُهُمْ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّىۚ فَاِذَا جَاۤءَ اَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُوْنَ سَاعَةً وَّلَا يَسْتَقْدِمُوْنَ


Artinya : “Dan kalau Allah menghukum manusia karena kezalimannya, niscaya tidak akan ada yang ditinggalkan-Nya (di bumi) dari makhluk yang melata sekalipun, tetapi Allah menangguhkan mereka sampai waktu yang sudah ditentukan. Maka apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun.”

Setiap Muslim pastinya mendambakan meninggal dunia dalam keadaan husnul khatimah, terang di alam kubur, serta bebas dari siksaan api neraka. Allah Subhanahu wa ta'ala pun telah memperingatkan manusia agar melakukan berbagai amalan salih supaya mendapatkan semua itu. Abu Laist As-Samarqani dalam kitab 'Tanbihul Ghafilin' menyebutkan ada beberapa orang yang membuat orang selamat dari siksa dan mendapat penerangan di alam kubur. Lalu apa saja? Berikut ini penjelasannya,

1. Menjaga sholat lima waktu

Sholat merupakan kunci utama bagi umat Islam. Hal ini penting karena perintah sholat merupakan perintah langsung dari Allah Subhanahu wa ta'ala. kemudian sholat juga menjadi pembeda dengan orang-orang kafir. Orang-orang yang menjaga sholatnya akan menjadi penerang baginya kelak di alam kubur. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Sholat adalah cahaya, sedekah merupakan bukti nyata, sabar itu sinar, dan Alquran adalah pembelamu dan penuntutmu." (HR Muslim)

2. Memperbanyak sedekah

Berbagi atau bersedekah merupakan ibadah sosial yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sedekah bisa menjadi penerang di alam kubur, karena merupakan salah satu amal yang dilakukan acaranya terus mengalir meskipun sudah meninggal.

"Jika anak cucu Adam meninggal, maka semua amal perbuatannya terputus kecuali tiga hal. Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak salih yang mendoakan orangtuanya." (HR Muslim)

Sedekah bukan hanya menjadi penerang di alam kubur, tapi juga sebagai penolong siksa alam kubur. "Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur." (HR Ath-Thabrani)

3. Memperbanyak membaca Alquran

Alquran adalah kitab suci dan pedoman umat Islam. Apabila memperbanyak membacanya maka akan mendapat beberapa keutamaan, yaitu penolong di hari kiamat, penerang di alam kubur, dan terbebas dari siksa api neraka. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Bacalah Alquran karena sesungguhnya di hari kiamat nanti ia akan menjadi syafaat kepada orang-orang yang mengikutinya." (HR Muslim)

4. Memperbanyak berzikir, bertasbih dan bertahlil

Orang yang selalu berzikir, bertasbih dan bertahlil maka dirinya akan selalu terhubung kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Oleh karena itu, ia akan meraih cinta dna kasih sayang dari Allah Azza wa Jalla. Salah satu kasih sayang dari-Nya adalah mendapat penerangan di alam kubur dan kebebasan dari siksa neraka. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Tasbih dapat meringankan siksa kubur. Dua kalimat yang dicintai oleh Ar-Rahman, ringan diucapkan di lisan, namun berat di dalam timbangan (amalan) yaitu Subhanallahi wa bihamdih, subhanallahil'azhim (Maha Suci Allah, segala pujian untukNya. Maha Suci Allah yang Maha Mulia)." (HR Bukhari dan Muslim)

Belum ada Komentar untuk "Inilah 4 Amalan Ringan Bisa Jadi Penerang dan Menjauhkan dari Siksa Kubur "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel